+6281297971434 info@webdesainid.net

Tips Meningkatkan Keamanan Website WordPress Anda

Meningkatkan Keamanan Website WordPress Anda

Di jaman digital saat ini, website bukanlah sekedar arena ajang eksistensi saja. Bagi sebagian pemilik situs, website adalah sebagai asset berharga yang dapat tak ternilai harganya. Maka sudah selayaknya jika website itu diperlakukan secara khusus, agar aman terjaga dari serangan berbagai pihak.

Kita tentu tidak ingin kehilangan data dan bisnis dalam website yang telah kita bangun. Kali ini saya akan bercerita tentang 6 Langkah Meningkatkan Keamanan Website WordPress Anda.

Meningkatkan Keamanan Website

Dari pengalaman saya, ada beberapa tips khusus untuk dapat meningkatkan keamanan dari sebuah website, terutama website berbasis WordPress. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Hosting Dengan Tingkat Keamanan Yang Baik

Pastikan dalam memilih provider hosting, Anda jatuhkan pilihan pada penyedia hosting yang didukung oleh sistem keamanan yang baik. Tanyakan hal ini terlebih dahulu kepada jasa penyedia hosting, sebelum melakukan transaksi penyewaan hosting.

Ketika Anda hendak memilih paket hosting pun, jangan hanya terpatok pada harga paket hosting murah saja. Namun cek juga kredibilitas dari penyedia hosting, terutama dalam hal keamanan.

2. Pastikan Update

Sebuah website WordPress biasanya terdiri dari CMS, theme dan plugin sebagai pendukung. Anda sebagai pengguna website berbasis WordPress, pastikan ketiga hal ini selalu update.

WordPress merupakan perangkat lunak Open Source. Ini merupakan kekuatan dan juga kelemahan. Para hacker selalu mencoba untuk meretas dan mencari celah untuk menyerang website WordPress. Untuk itulah para pengembang WordPress selalu melakukan perbaikan berkala. Hal ini menyebabkan WordPress selalu melakukan update pada sistemnya.

Maka, untuk selalu terjaga dari berbagai serangan ini, hendaklah Anda mengupdate aplikasi WordPress yang anda gunakan dengan versi terbaru yang tentunya makin disempurnakan.

3. Password

Gunakan password unik dan sulit tertebak untuk akses masuk ke dalam dashboard website WordPress Anda. Biasakan untuk membuat rangkaian password yang terdiri dari huruf, angka, dan simbol untuk mendukung kekuatan password tersebut.

4. Menggunakan Username Unik

Jangan pernah menggunakan username default dari WordPress “Admin”. Segera ganti nama username bawaan tersebut demi keamanan website WordPress Anda. Karena para hacker biasa menyerang account dengan nama username admin sebagai “sasaran empuk”.

5. Theme

Usahakan selalu menggunaka theme WordPress berbayar. Karena menurut studi kasus, banyak serangan kerusakan yang dapat bebas masuk ke dalam sistem website WordPress berasal dari theme gratisan yang banyak ditawarkan di pasaran. Bukan berarti theme WordPress yang gratisan tidak berkualitas, namun template-template yang gratis ini biasanya lebih mungkin disisipi dengan program-program jahat.

Jikalau memang ingin menggunakan theme gratis, sebaiknya perhatikan keamanan dan kredibilats penyedia template tersebut. Usahakan menggunakan theme gratisan yang terdapat di WordPress.org atau theme yang diciptakan dan dikembangkan oleh pengembang terkenal.

6. Gunakan Plugin Keamanan

Kini telah banyak tersedia beraneka macam plugin pendukung untuk meningkatkan keamanan pada website WordPress Anda. Di WordPress.org juga ada banyak pilihan plugin untuk mengamankan website Anda dari serangan hacker.

Semoga sharing tips dan langkah-langkah ini berguna. Tak pernah saya bermaksud menakut-nakuti Anda, hanya agar kita lebih waspada dan berjaga-jaga. Ini dimaksudkan hanya agar kita selangkah lebih maju dari para hacker 🙂

Untuk Pengecekan Kesehatan dan Pengamanan Website dari Serangan Hacker, Anda dapat menghubungi +6281297971434 atau via WA di +6281283138312 atau via email di info@webdesainID.net.

Jika Anda ada tips dan langkah-langkah lainnya, silakan tinggalkan pesan pada kolom comment agar kita dapat berdiskusi lebih lanjut. Terimakasih.

 

Shares

Pin It on Pinterest

Share This