+6281297971434 info@webdesainid.net
image source : www.githubusercontent.com

image source : www.githubusercontent.com

Apa Itu CAPTCHA

Kamu pernah lihat code-code yang terdiri dari susunan huruf atau kadang dengan kombinasi angka yang tidak beraturan bentuknya? Biasanya code-code itu keluar ketika kita mengisikan sebuah formulir online, membuat akun pada sebuah platform, mengisikan komentar, atau ketika kita sedang membuat pendaftaran email pada sebuah website. Nah, code itulah yang disebut dengan Captcha.

Apa Itu CAPTCHA

CAPTCHA adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Yaitu sejenis kaedah challenge-respons untuk memastikan bahwa pengguna atau responden adalah manusia asli, bukan robot komputer.

Singkatnya, sebuah CAPTCHA adalah bekerja sebagai security dalam pengisian respon. Dengan cara, pengguna internet harus memasukkan code-code acak tadi ke dalam kolom pertanyaan. Jika jawaban benar, maka situs tersebut yakin bahwa kita benar manusia, dan respon diterima. Jadi, hanya untuk pembuktian saja. Ternyata bukan hanya cinta yang butuh pembuktian 🙂 *abaikan

image source : www.seosmarty.com

image source : www.seosmarty.com

Metode gambar, huruf dan angka yang tak beraturan ini adalah salah satu penerapan metode Turing Test yang digagas oleh Alan Turing di tahun 1950. Sebelum ada CAPTCHA, para spammer dan hacker bisa membuat program untuk secara otomatis mengisi formulir seperti pendaftaran email gratis. Sehingga mereka dapat memperoleh ribuan alamat email dengan mudah, untuk mereka salah-gunakan.

Sedangkan CAPTCHA baru diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (Carnegie Mellon University) dan John Langford (IBM). Penggunaan captcha dewasa ini semakin berkembang. Tidak hanya angka dan huruf, namun juga tersedia code audio bagi kaum difabel.

Setelah diaplikasikan sekian tahun, CAPTCHA mulai menunjukkan beberapa kelemahan. Pola rangkaian code dalam CAPTCHA mulai dapat dipecahkan. Hingga muncul perusahaan yang bersedia memecahkan sebuah CAPTCHA dengan biaya sangat murah, hanya US$2 per 1000 captcha.

Untuk itu Universitas Carnegie Mellon & Penn State sedang mengembangkan CAPTCHA yang berbasis gambar, bukan lagi hanya angka dan huruf. Mengingat fungsi dari CAPTCHA sangat penting bagi keamanan sebuah website. Seperti mencegah spamming, flood dan melindungi pendaftaran email atau user pada webmail.

Sekian sharing tentang CAPTCHA semoga bermanfaat ya. Artikel ini adalah rangkuman dari kul-tweet dari Babang @TrikOnlineShop 🙂

Shares

Pin It on Pinterest

Share This