+6281297971434 info@webdesainid.net

Cara Memilih Nama Domain Yang SEO Friendly

 

Cara Memilih Nama Domain Yang SEO Friendly

Setelah tau dan paham tentang apakah itu domain, maka kita sudah punya gambaran kira-kira apa nama domain yang paling cocok untuk situs website ataupun blogs kita. Tetapi bagaimana Cara Memilih Nama Domain Yang SEO Friendly itu?

Cara Memilih Nama Domain Yang SEO Friendly

Ada beberapa istilah yang melekat, kalau kita bersinggungan dengan nama domain dan SEO. Yaitu jenis-jenis nama domain yang mengoptimalkan kata kunci. Misalnya antara lain :

1. Exact Match Domain (EMD)
EMD merupakan nama domain yang di dalamnya terdapat satu atau dua kata yang berkaitan dengan kata kunci yang kita terget untuk dapat berada di halaman satu mesin pencarian Google. Nama domainnya dibuat sama persis dengan kata kunci yang kita bidik. Misalnya : JualTasKulit.com atau PropertyMurah.com.

2. Keyword On Domain (KOD)
Yaitu nama domain yang mengandung kata kunci tertentu. Terdapat keyword di dalam nama domainnya. Misalnya : KebunBunga.com atau LalitaSouvenir.com.

3. Branded Domain
Adalah nama domain yang berdiri sendiri, dengan keunikannya sendiri. Biasanya menggunakan nama perseorangan atau merek. Misalnya : Jokowi.com, Saptuari.com atau Cocacola.com.

domain-extension

credit foto : blog.jejualan.com

Seindah dan sebagus apapun nama domain pilihan, ada baiknya  jika disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pengoptimasian mesin pencari Google. Hal ini perlu diperhatikan, sehingga website kita akan lebih mudah terindex dan teroptimasi dalam penelusuran mesin pencari.

Beberapa kriteria nama domain yang bagus untuk website dan SEO friendly adalah sebagai berikut :
1. Nama domain mudah untuk diingat, mudah untuk dituliskan dan diketik.

2. Nama domain tidak terlalu panjang. Panjang karakter dalam domain kurang atau sama dengan 15 karakter.

3. Menggunakan TLD (Top Level Domain), seperti .com, .us, .net, .org. Akan lebih baik lagi jika menggunakan ekstensi domain yang high authority seperti .ac.id, .edu, biz.id, dan sebagainya.

4. Keyword-Rich-Domain, atau terdapat kata keyword dalam domain. Karena dengan memiliki domain yang masih relevant dengan kata kunci akan sangat berguna untuk SEO. Mempunyai keyword bidikan di dalam nama domain, dapat memiliki dampak positif terhadap peringkat di search engine.

Jadi, sebelum membeli nama domain, ada baiknya harus meriset kata kuncinya dulu ya 🙂

Tinggalkan pesan pada kolom comment di bawah ini, atau kirim email di Info@webdesainID.net jika masih ada yang ingin dikonsultasikan.

Semoga bermanfaat.

Shares

Pin It on Pinterest

Share This