+6281297971434 info@webdesainid.net
Paket Hosting Murah di Jakarta

credit foto : BuatSendiriWebsitemu.com

Tips dan Cara memilih Paket Hosting Yang Baik

Bagi pemula dalam perancangan pembuatan website, kadang kita dibingungkan dalam pemilihan paket Hosting yang tepat bagi kebutuhan kita. Padahal kita semua paham, bahwa pemilihan paket hosting ini adalah hal yang krusial. Karena di sanalah nantinya kita akan bergantung dan meletakkan segala data dari website kita.

Tips dan Cara Memilih Paket Hosting Yang Baik

Inilah dia beberapa Tips dan Cara Memilih Paket Hosting Yang Baik dan benar untuk sebuah website :

1. Tentukan seberapa besar space hosting yang kita butuhkan.

Untuk kebanyakan website, kadang hanya membutuhkan ruang disk sekitar 100mb sampai 300 mb saja. Tetapi jika kita termasuk yang aktif manulis dan menggunakan banyak foto atau video dalam postingan, maka kita membutuhkan ruang disk yang lebih besar lagi.
Hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah, apakah ke depannya website kita akan terus bertumbuh. Jika ya, maka kita memerlukan ruang disk pada hosting dengan ukuran yang cukup besar.

2. Perkirakan Kebutuhan Transfer Data.

Untuk dapat memperkirakan kebutuhan transfer data yang terjadi pada hosting kita, kita dapat menghitungnya dengan rumus sederhana, yaitu : Ukuran Halaman x Jumlah Tampilan per Bulan. Jumlah tampilan per bulannya ini sangat terkait dengan jumlah pengunjung yang kita targetkan setiap bulannya.
Jika kita memiliki jumlah tampilan itu sampai 1000 tampilan per bulan, dengan rata-rata data 2mb per tampilan, maka kebutuhan bandwidth untuk website kita adalah minimal 2000mb per bulan. Perlu kita ketahui, bahwa 1 kunjungan adalah tidak sama dengan 1 tampilan. Bisa saja dalam 1 kunjungan, terdiri dari banyak tampilan halaman.

3. Jumlah domain yang akan digunakan.

Kita harus mempertimbangkan berapa jumlah domain yang akan digunakan pada hosting kita. Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada seberapa besar ruang disk yang akan kita pilih. Jika kita memiliki lebih dari satu alamat domain yang ingin dimasukkan dalam server hosting yang sama, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kepada penyedia jasa hosting tersebut, apakah memungkinkan atau tidak. Karena ada beberapa penyedia hosting yang tidak menyediakan layanan tersebut.

4. Pastikan hosting mendukung bahasa pemrograman.

Jika kita menggunakan SP atau PERL atau PHP untuk membangun website kita, kita sangat perlu memastikan bahwa hosting tersebut dapat mendukungnya. Begitu juga jika kita menggunakan Platform CMS , pastikan bahwa penyedia hosting tersebut menyediakan layanan itu dan mendukungnya.

5. Pelajari perusahaan penyedia layanan hosting tersebut dengan teliti.

Dengan banyaknya pilihan penyedia paket hosting, yang selalu menyatakan bahwa mereka yang terbaik, kita harusnya lebih kritis dalam memilih perusahaan layanan hosting. Kita dapat melihat dari review pelanggan atau dari banyaknya pelanggan yang telah menggunakan jasa mereka.
Karena kita harus tau, apakah perusahaan hosting tersebut mengelolanya dengan baik, professional dan bertanggung jawab atau tidak. Carilah penyedia hosting yang memberikan layanan 24 jam dan garansi uang kembali, jika mereka tidak melakukan hal yang mereka janjikan.

6. Budget yang kita miliki.

Bagian terakhir namun juga yang paling menentukan, adalah dana. Sebelum menentukan paket hosting mana yang akan kita pilih, kita harus dapat memperkirakan jumlah dana yang akan kita investasikan untuk menyewa hosting. Sesuaikan kebutuhan paket hosting dengan budget yang kita miliki.

Jika masih bingung untuk dapat menentukan paket hosting, kita bisa menghubungi penyedia paket hosting untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Atau dapat menghubungi saya via email di info@WebDesainID.net . Semoga bermanfaat ya 🙂

Shares

Pin It on Pinterest

Share This